Seperti apakah
pembelajaran yang mengintegrasikan TIK ? Anda pasti akan mengetahui
perbedaannya dengan cara menganalisis Kegiatan Inti dalam contoh RPP berikut :
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar : Menulis Hasil Observasi
dalam Bentuk Paragraf Diskusi
Kegiatan Inti A
|
Kegiatan Inti B
|
|
|
Berikut adalah
persamaan dan perbedaannya :
No
|
Persamaan
|
Perbedaan
|
|
Kegiatan Inti
A
|
Kegiatan Inti
B
|
||
1.
|
Ada
kegiatan membaca
|
Ada
kegiatan menulis hasil observasi, namun secara manual atau tidak menggunakan
aplikasi computer.
|
Ada
kegiatan menulis hasil observasi pada Ms. Word
|
2.
|
Ada
kegiatan diskusi kelompok
|
-
|
Ada
kegiatan mengirim tugas kepada guru melalui mailing list
|
3.
|
Ada
kegiatan mempresentasikan hasil diskusi
|
-
|
Ada
kegiatan memberikan komentar atau
umpan balik antar siswa terhadap pekerjaan temannya
|
4.
|
Ada
kegiatan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok, yang memberi
kesempatan siswa untuk menyampikan pendapat
|
Memajang
karya setelah direkomendasikan guru
|
Mencetak
dan memajang karya tanpa direkomendasikan guru
|
5.
|
Ada
kegiatan mengamati kantin sekolah
|
|
|
Dari
kegiatan Inti B dapat dilihat bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran, guru
melatih siswa untuk menggunakan aplikasi TIK seperti Ms.word dan mailing list
dalam mengerjakan tugas dan juga untuk mewujudkan pembelajran yang aktif yang
ditandai dari kegiatan memberikan masukan atau umpan balik terhadap karya teman
yang lain. Kegiatan seperti ini dapat melatih siswa berpikir kritis dan menghargai pendapat
orang lain. Jadi kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK itu menekankan
pada action siswa dalam penggunaan aplikasi TIK dalam kegiatan pembelajaran.
Peran guru dalam mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran:
- Fasilitator, kolabolator, mentor, teman belajar, pengarah dan pelatih.
- Memberikan pilihan dan tanggungjawab yang besar kepada siswa untuk mengalami peristiwa belajar
Peran
siwa :
- Menjadi partisipan aktif
- Sharing layaknya seorang ahli
- Belajar secara individu, sebagaimana halnya juga kolaboratif dengan siswa lain.
Prinsip :
- Aktif
- Konstruktif – mengembangkan ide-ide baru
- Kolaboratif
- Antusiastik
0 komentar:
Posting Komentar