RSS

PERBEDAAN PEMBELAJARAN YANG MENGINTEGRASIKAN TIK DAN YANG TIDAK MENGINTEGRASIKAN TIK



Seperti apakah pembelajaran yang mengintegrasikan TIK ? Anda pasti akan mengetahui perbedaannya dengan cara menganalisis Kegiatan Inti dalam contoh RPP berikut :
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar       : Menulis Hasil Observasi dalam Bentuk Paragraf Diskusi

Kegiatan Inti A
Kegiatan Inti B
  • Siswa membaca sebuah paragraf
  • Siswa mendeskripsikan dalam kelompok tentang teks tersebut dan mengelompokkan ke dalam jenis bentuk paragraph deskripsi
  • Siswa menuliskan karakteristik teks tersebut
  • Salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi
  • Siswa lain menanggapi dan memberikan masukan
  • Siswa menulis pokok-pokok pengamatan
  • Siswa ditugasi mengamati kantin sekolah
  • Siswa secara perorangan menuliskan paragraf deskripsi dari hasil observasi di kantin
  • Siswa memasang hasil kerjasama dalam papan pajangan setelah mendapat rekomendasi oleh guru
  • Siswa mebuat sebuah paragraf
  • Siswa mendiskusikan dalam kelompok tentang teks tersebut dan menggolongkan ke dalam jenis bentuk paragraf deskripsi
  • Siswa menuliskan karakteristik teks tersebut
  • Salah satu perwakilan kelompok mempesentasikan hasil diskusi
  • Siswa lain menanggapi dan memberikan masukan
  • Siswa menulis pokok-pokok pengamatan
  • Siswa ditugasi mengamati kantin sekolah
  • Siswa secara perorangan menuliskan paragraf deskripsi dari hasil observasi di kantin dengan menggunakan pengolah kata (Ms.Word)
  • Siswa mengirimkan hasil kerjanya ke guru dan teman lainnya melalui mailing list
  •  Siwa lain memberikan komentar atau umpan balik terhadap minimal tiga karya siswa lain melalaui mailing list tersebut
  • Setiap siswa secara individu mencetak hasil karyanya dan memajangnya di papan pajangan sekolah

Berikut adalah persamaan dan perbedaannya : 

No
Persamaan
Perbedaan
Kegiatan Inti A
Kegiatan Inti B
1.
Ada kegiatan membaca
Ada kegiatan menulis hasil observasi, namun secara manual atau tidak menggunakan aplikasi computer.
Ada kegiatan menulis hasil observasi pada Ms. Word
2.
Ada kegiatan diskusi kelompok

-
Ada kegiatan mengirim tugas kepada guru melalui mailing list
3.
Ada kegiatan mempresentasikan hasil diskusi

-
Ada kegiatan memberikan  komentar atau umpan balik antar siswa terhadap pekerjaan temannya
4.
Ada kegiatan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok, yang memberi kesempatan siswa untuk menyampikan pendapat
Memajang karya setelah direkomendasikan guru
Mencetak dan memajang karya tanpa direkomendasikan guru
5.
Ada kegiatan mengamati kantin sekolah



Dari kegiatan Inti B dapat dilihat bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran, guru melatih siswa untuk menggunakan aplikasi TIK seperti Ms.word dan mailing list dalam mengerjakan tugas dan juga untuk mewujudkan pembelajran yang aktif yang ditandai dari kegiatan memberikan masukan atau umpan balik terhadap karya teman yang lain. Kegiatan seperti ini dapat melatih  siswa berpikir kritis dan menghargai pendapat orang lain. Jadi kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK itu menekankan pada action siswa dalam penggunaan aplikasi TIK dalam kegiatan pembelajaran.
Peran guru  dalam mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran:
  • Fasilitator, kolabolator, mentor, teman belajar, pengarah dan pelatih.
  • Memberikan pilihan dan tanggungjawab yang besar kepada siswa untuk mengalami peristiwa belajar
Peran siwa :
  • Menjadi partisipan aktif
  • Sharing layaknya seorang ahli
  • Belajar secara individu, sebagaimana halnya juga kolaboratif dengan siswa lain.
Prinsip :
  • Aktif
  • Konstruktif – mengembangkan ide-ide baru
  • Kolaboratif
  • Antusiastik

0 komentar:

Posting Komentar